Rabu, 02 September 2015

Rangkuman Materi Kelas XII, Bab.I B: Panggilan Hidup Berkeluarga

  B. PANGGILAN HIDUP BERKELUARGA


Hidup berkeluarga atau perkawinan bagi orang dewasa merupakan pilihan jalan hidup. Perkawinan adalah persekutuan yang khas antara laki-laki dan perempuan di mana mereka saling mengisi dan menyempurnakan, sehingga mereka dapat menjadi kepala keluarga dan hati keluarga yang penuh demi mencapai kebahagiaan. Hidup berkeluarga yang diawali dengan perkawinan merupakan panggilan hidup, yakni panggilan untuk menjadi rekan kerja Allah dalam melangsungkan karya penciptaan-Nya demi perkembangan hidup dan berlangsungnya generasi hidup manusia.
Perkawinan merupakan persekutuan cinta antara pria dan wanita yang secara sadar dan bebas menyerahkan diri beserta segala kemampuannya untuk selamanya. Dalam penyerahan itu suami istri berusaha makin saling menyempurnakan dan saling membantu.  Hanya dalam suasana saling menghormati dan menerima inilah, dalam keadaan manapun juga, persekutuan cinta dapat berkembang hingga tercapai kesatuan hati yang dicita-citakan.
1.      Berbagai pandangan tentang perkawinan:
a.       Pandangan Tradisional: Perkawinan adalah ikatan antara laki-laki dan perempuan, antara keluarga laki-laki dan keluarga perempuan.
b.      Pandangan Sosial: Perkawinan adalah persekutuan hidup yang mempunyai bentuk, tujuan dan hubungan yang khusus. Suami-istri akan mencapai kesempurnaan dan kepenuhannya sebagai manusia. Menjadi bapak dan ibu dan hidup di tengah masyarakat.
c.       Pandangan Hukum: Perkawinan adalah perjanjian antara laki-laki dan perempuan, dan perjanjian antara kerabat laki-laki dan kerabat perempuan. Perjanjian di depan masyarakat agama dan Negara yang membuat perkawinan menjadi SAH.
d.      Pandangan Antropologis: Perkawinan adalah persekutuan CINTA; sebuah jalinan persekutuan yang diawali dengan CINTA, berkembang atas dasar CINTA dan bahagia karena CINTA.
2.      Makna Hidup Berkeluarga
Keluarga adalah sekolah kemanusiaan. Namun supaya kehidupan dan perutusan keluarga dapat mencapai kepenuhan, dituntut komunikasi batin yang baik, yang ikhlas dalam pendidikan anak. Keluarga adalah tempat pendidikan untuk memperkaya kemanusiaan.
a.       Tugas dan tanggungjawab seorang suami/bapak
Suami sebagai kepala keluarga: harus bisa memberi nafkah lahir-batin kepada istri dan keluarga. Mencari nafkah adalah tugas pokok seorang suami, sedapatnya tidak terlalu dibebankan kepada istri dan anak-anak. Maka seorang suami harus memiliki pekerjaan. Suami sebagai partner istri, suami hendaknya menjadi mitra dari istrinya. Pada masa sekarang inibanyak wanita yang menjadi wanita karier, maka perlulah suami menjadi pendamping, penyokong dan pemberi semangat baginya. Suami sebagai pendidik, tugas mendidik anak bukan hanya tanggunggjawab istri/ibu, melainkan juga tanggungjawab suami/bapak. Sosok ayah bagi seorang anak tidak pernah tergantikan. Ayah menjadi figure teladan/panutan bagi anak-anaknya.
b.      Tugas dan tanggung jawab seorang istri/ibu
Istri sebagai hati dalam keluarga. Sebagai hati keluarga, istri/ibu menciptakan suasana kasih saying, ketentraman, keindahan, dan keharmonisan dalam keluarga. Istri sebagai mitra dari suami. Sebagai mitra, istri dapat membantu suami dalam tugas dan kariernya. Bantuan yang dimaksudkan disini seperti memberikan sumbangan saran, dan dukungan moril. Istri sebagai pendidik, ibu/istri merupakan pendidik yang pertama dan utama dari anak-anaknya.  Hal ini berarti ibu adalah pendidik yang ulung.
c.       Kewajiban anak terhadap Orangtua
Beberapa hal dasar yang menjadi kewajibananak terhadap orangtua adalah: mengasihi orangtua, bersikap dan berperilaku penuh syukur serta bersikap/berperilaku hormat kepada orangtua.
3.      Cinta Kasih dan Komunikasi dalam Keluarga
Pentingnya cinta dalam hidup manusia. Inti ajaran Kristen adalah Cinta KAsih. “Hendaknya kamu saling mencintai seperti Aku telah mencintai kamu” (Yoh.15:12). Cinta membahagiakan orang dan memungkinkan manusia berkembang secara sehat dan seimbang. Cinta yangjujur dan persahabatan sejati antar manusia memungkinkan perwujudan diri yang sehat dan seimbang, menghindar gangguan psikis dan dapat menyembuhkan orang yang menderita sakit jiwa.
Membina cinta dalam keluarga. Tujuan perkawinan pertama-tama adalah membina cinta kasih ntara suami-istri, menjalin hubungan perasaan yang mesra antara kedua partner yang ingin hidup bersama untuk selama-lamanya.
Komunikasi dalam Keluarga. Berkomunikasi berarti menyampaikan pikiran,dan  perasaan kita kepada orang lain. Berkomunikasi tentang hal-hal yang sama-sama diketahui dan dirasakan akan terasa jauh lebih mudah. Dalam berkomunikasi ada banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain saling mendengarkan dan saling terbuka. Mendengarkan: Semua orang yang tidak tuli bisa mendengarkan. Tetapi yang bisa mendengar belum tentu pandai mendengarkan. Mendengarkan suatu komunikasi harus dilakukan dengan pikiran dan hati serta segenap indra diarahkan kepada si pembicara. Keterbukaan. Orang yang mau senantiasa tumbuh sesuai dengan jaman adalah orang yang terbuka untuk menerima masukan dari orang lain, merenungkannya dengan serius, dan mengubah diri bila perubahan dianggapnya sebagai pertumbuhan kearah kemajuan. Terbuka untuk menyatakan dan terbuka untuk mendengarkan. Terbuka untuk menyatakan diri dengan jujur, terbuka pula untuk menerima orang lain sebagaimana adanya.


                                 PERTANYAAN  REFLEKTIF
                   1.      Apa makna keluarga bagi Anda!
                   2.      Apa manfaat komunikasi dalam keluarga!
                   3.      Apa peran suami/bapak, istri/ibu serta anak dalam keluarga?
                   4.      Apakah pandangan sosial mengenai perkawinan?
                   5.      Jelaskan pentingnya cinta kasih dalam keluarga!
 
Sumber:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII, Buku Siswa, 2015.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII, Buku Guru, 2015.
3. Foto: Dokumen Pribadi

1 komentar:

  1. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus